jual beli harus suka sama suka ber menfaat dan menyempurnakan takaran



aceh

Aceh sumatera adalah salasatu provinsi di Indonesia. Aceh letaknya di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di negara Indonesia. Ibu kotanya ialah Banda Aceh. Jumlah penduduk provinsi aceh 4,5juta jiwa. Letaknya dekat dgn Kepulauan nikobar dan Andaman di India dan dipisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dgn Teluk Benggala di arah utara, Samudra Hindia barat,dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan Selat Malaka di arah timur, Aceh dianggap sebagai tempat awalnya penyebaran Islam di negara Indonesia serta memainkan peran penting penyebaran agama Islam di Asia Tenggara. Pada awal abad ke-tujuh belas, Kesultanan Aceh termasuk negara terkaya, termakmur dan terkuat di kawasan Selat Malaka. Sejarah Aceh diwarnai oleh kebebasan berpolitik serta penolakan keras terhadap kendali bangsa asing, termasuk pemerintah Indonesia dan bekas penjajah Belanda. kalau dibandingkan dgn provinsi lainnya, Aceh adalah wilayah yg sangat menjunjung tinggi nilai agama.
Persentase penduduk Muslimnya adalah yg tertinggi di negara Indonesia dan mereka hidup sesuai tuntunan syariah Islam. Berbeda provinsi lain di Indonesia, Aceh memiliki otonomi yg diatur tersendiri sebab alasan sejarah. Aceh memiliki sumber daya alam yg melimpah, termasuk gas alam dan minyak bumi. Sejumlah analis menaksirkan cadangan gas alam di Aceh adalah yg terbesar di dunia. Aceh juga sangat terkenal dengan hutannya yg terletak di sepanjang jajaran Bukit Barisan mulai Kutacane Aceh Tenggara hingga Ulu Masen Aceh Jaya. Sebuah taman nasional aceh bernama Taman Nasional Gunung Leuser didirikan di Aceh Tenggara. Aceh adalah daratan paling dekat dengan episentrum gempa bumi Samudra Hindia pada tahun 2004. Setelah gempa, terjadi gelombang tsunami menghantam sebagian besar pesisir barat provinsi aceh. Sekitar 170.000 orang meninggal dunia atau hilang akibat bencana tersebut. Bencana ini juga mendorong terbentuknya perjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka dengan pemerintah Ri. Nama Aceh pertama dikenal dgn nama Aceh Darussalam th1511–1959, selanjutnya Daerah Istimewa Aceh th1959–2001, NanggroĂ« Aceh Darussalam th2001–2009, dan terakhir Aceh 2009 hingga kini.
Sebelumnya Aceh biasa ditulis Atjeh, Acheh, dan Achin. Sejarah daerah istimewa Aceh Masuknya Islam di Kerajaan Samudra Pasai hingga kini Masih terjadi silang pendapat terkait masalah dari sejak kapan agama Islam pertama kali disebarkan ke daerah Aceh. Sebagian berpandangan telah dimulai di masa kekhalifahan Utsman bin Affan, sebagai khalifah 3 setelah kerasulan nabi Muhammad SAW. Terkait agama Islam yg datang ke Aceh, Snouck Hurgronje dgn teori Gujaratnya menyebut agama Islam yg datang ke sana bukanlah agama Islam yg dibawa nabi Muhammad, tetapi Islam yg sudah berkembang matang. Bukan Islam dari kitab suci al Qur'an dan Hadits, melainkan agama Islam dgn kitab Fiqh dan dogmanya dari tiga abad kemudian.
Sebagian lagi, ada yg berpandangan bahwa agama Islam yg datang ke Aceh justru telah dimulai dari tahun pertama Hijriyah th618 M. Satu pandangan yg menurut penulis kitab Tasawuf daerah Aceh merupakan pandangan yang tidak masuk akal. Alasan dikemukakannya pada masa tersebut; ada kevakuman antara wahyu pertama th610 M dgn wahyu ke2 kepada nabi Muhammad selama 2,5 th. Ditambah dgn masa berdakwah secara sembunyi-sembunyi yg dilakukan nabi Muhammad selama tiga tahun. Dgn demikian baru pada th ketujuh masa kenabiannya baru memulai dakwah secara terang-terangan.
namun sedikitnya persoalan tersebut bisa ditelusuri dari keberadaan kerajaan pertama bercorak agama Islam di daerah Aceh, Kerajaan Perlak yg didirikan pada 1 Muharram 225 Hijriyyah. Kesultanan Aceh