cara penjajian kopi luwak




sumber daya alam indonesia

sumber daya alam indonesia (S.D.A) merupakn semua yg muncul secara alami yg dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia pada secara umum. Yang tergolong di dalam SDA bukan sekedar komponen biotik, seperti tumbuhan, hewan dan mikroorganisme, akantetapi juga komponen abiotik, seperti gas alam minyak bumi, berbagai jenis logam, tanah, dan air.
#. Inovasi teknologi, kemajuan populasi dan perdapan manusia, juga revolusi industri sudah membawa manusia ke era eksploitasi sumber daya alam hingga persediaannya semakin berkurang secara signifikan, terutama di satu abad belakangan ini.
Sumber daya alam mutlak dibutuhkan untuk menunjang keperluan manusia, namun sayangnya keberadaannya tidak tersebar secara merata dan beberapa negara seperti brazil, Indonesia, Kongo, marako, Sierra Leone, dan berbagai negara di Timur Tengah mempunyai kekayaan alam nonhayati atau hayati yang cukup berlimpah.
contohnya, negara di kawasan Timur Tengah memipunyai persediaan gas alam sebesar 1/3 dari yg ada di bumi dan Maroko sendiri mempunyai persediaan senyawafosfat sebesar 0,5 dari yang ada di dunia. Namun, kekayaan sumber daya alam tersebut seringkali tidak sejalan dgn perkembangan ekonomi di negara-negara nya.
Indonesia, merupakan salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam nonhayati dan hayati terbesar di bumi. umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat dikelompokkan menjadi SDA yang tidak dapat diperbaharui dan SDA yang dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui yaitu kekayaan alam yg dapat terus ada selagi penggunaannya tidak dieksploitasi secara berlebihan. Hewan, Tumbuhan, mikroorganisme, angin, sinar matahari, dan air merupakan beberapa contoh SDA terbaharukan. Meskipun jumlahnya sangat berlimpah di bumi, penggunannya mesti tetap dibatasi dan dijaga agar dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui yaitu SDA yang banyaknya terbatas karena penggunaanya lebih mudah daripada proses pembentukannya dan jika digunakan secara terus-terusan akan habis. Besi, Minyak bumi, emas, dan berbagai jenis bahan tambang yang lain pada umumnya memakan waktu dan proses yang cukup panjang untuk terbentuk kembali sehingga jumlahnya sangat terbatas. Gas alam dan minyak bumi umumnya berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang hidup di masa jutaan tahun lalu, Perubahan suhu panas dan tekanan selama jutaaan tahun ini lalu mengubah senyawa dan materi organik tersebut menjadi berbagai macam jenis bahan tambang tersebut. Daya dukung dari lingkungan dan Kemampuan lingkungan untuk mendukung peri kehidupan berbagai makhluk hidup yang meliputi semua ketersediaan SDA untuk memenuhi kebutuhan dasar dan tersedianya cukup ruang untuk hidup pada tingkat kestabilan Sosial tertentu disebut daya dukung lingkungan.
Keberadaan sumber daya alam di Dunia tidak tersebar secara merata sehingga daya dukung lingkungan pada setiap daerah menjadi berbeda-beda.
karena itulah, pemanfaatanya harus dijaga supay terus berkesinambungan dan tindakan eksploitasi mesti dihindari. pengembangan dan pemeliharaan lingkungan hidup mesti dilakukan dengan cara rasional, Menggunakankan sumber daya alam yang bisa diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, seperti: tanah, air, dan udara. Memenfaatkan bahan pengganti, seperti hasil metalurgi (campuran). Mengembangkan metode pemrosesan dan penambangan yang lebih efisien sdan bisa didaur ulang. Melaksanakan etika lingkungan dengan cara menjaga kelestarian alam.
Indonesia adalah negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi ke-2 di dunia setelah Brazil.
Fakta tersebut menunjukkan bahwa tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang ada di Indonesia dan hal ini, berdasarkan Protokol Nagoya, akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan (green economy).
Protokol Nagoya sendiri merumuskan soal pemberian akses dan pembagian keuntungan secara adil dan merata antara negara pemilik dengan pihak pengelola sumber daya alam hayati, juga memuat penjelasan tentang mekanisme penggunaan kekayaan sumber daya alam tersebut.
Sumber Kekayaan alam di Indonesia sangat melimpah terbentuk dari beberapa faktor, diantaranya: jika Dilihat dari segi astronomi, Indonesia terletak di daerah tropis yang mempunyai curah hujan tinggi hingga banyak jenis tumbuhan yg dapat tumbuh dengan cepat.
sedangkan jika Dilihat dari sisi geologinya, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik lalu banyak terbentuk pegunungan yg kaya akan mineral.
Daerah perairan kawasan Indonesia kaya dengan sumber makanan bagi berbagai jenis hewan laut, dan mengandung juga berbagai macam sumber mineral.
Tingginya tingkat biodiversitas di Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10 persen dari tumbuhan berbunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia, 12 persen dari mamalia, 16 persen dari hewan reptil, 17 persen dari burung, 18 persen dari jenis terumbu karang, dan 25 persen dari hewan laut.
Di bidang agrikultur, wilayah Indonesia juga dikenal atas kekayaan tanaman perkebunannya, seperti karet, biji coklat, cengkeh kelapa sawit, dan juga kayu yang banyak diantaranya menempati urutan teratas dari segi produksinya di seluruh dunia.
Sumber daya alam wilayah Indonesia tidak terbatas hanya pada kekayaan hayati saja. Dearah-daerah di Indonesia juga terkenal sebagai penghasil bermacam jenis bahan tambang, timah, sepertipetroleum, gas alam, nikel, batu bara, tembaga, bauksit, dan emas.

 

kopi luwak © 2012 Pagaralam | Sumatera selatan Gourmet coffee - Kopi luwak - Robusta