jual beli harus suka sama suka ber menfaat dan menyempurnakan takaran



rumah makan

Rumah makan atau restoran adalah istilah umum untuk menyebut bisnis atau usaha gastronomi yang menyajikan hidangan makanan kepada masyarakat dan juga menyediakan tempat untuk khusus menikmati hidangan tersebut serta menetapkan harga (tarif) tertentu untuk setiap makanan dan pelayanannya. Meskipun pada umumnya rumah makan menyediakan dan menyajikan makanan di tempat, namun ada juga beberapa restoran yang menyediakan layanan delivery service dining dan take-out sebagai salah satu cara pelayanan kepada konsumen mereka. Rumah makan biasanya mempunyai spesialisasi dalam jenis makanan yang sajikan atau dihidangkannya. Sebagai contohnya rumah makanchinese food, rumah makan masakan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dll. Di Indonesia, rumah makan sering disebut dengan istilah lain yaitu restoran. Restoran adalah kata resapan yang berasal negara Perancis yang diadaptasi ke bahasa inggris; "restaurant" yang kata asalnya "restaurer" yang dapat diartikan "memulihkan".
Sejarah restoran atau rumah makan
Keberadaan Restoran mulai dikenal dari abad ke-9 di kawasan Timur Tengah sebelum muncul di negri Cina. Dalam dunia Islam pada abad pertengahan, terdapat " resto dimana seorang dapat bisa seluruh jenis makanan yang telah disediakan". Rumah makan sebagaimana disebutkan oleh Al-Muqaddasih seorang ahli geografi kelahiran th 945 setelah masehi yang tinggal di daerah timur tengah pada akhir abad ke 10.
Sekarang di indonesia kita banyak menemukan rumah makan baik di kota maupun di jalan lintas, sehingga ada istilah rumah makan siang malam, meskipun dalam istilahnnya di sebut rumah makan seiring perkembangan zaman di rumah makan tidak hanya menyediakan nasi dan lauk saja, melainkan juga telah banyak yang menyediakan makanan ringan bahkan makanan untuk oleh-oleh, dan juga tidak ketinggalan berbagai jenis minuman, termasuk kopi luwak.